Alumunium Murni dan Alumunium Paduan, Apasih Bedanya?

by | Apr 24, 2021

Alumunium adalah jenis logam ringan yang sudah dikenal dan digunakan untuk berbagai keperluan sejak dulu di Indonesia. Sifat yang ringan namun kuat dan tahan membuat alumunium menjadi salah satu material yang difavoritkan untuk membuat berbagai kebutuhan, misalnya untuk kebutuhan material pembuatan pintu, jendela bahkan juga menjadi bahan utama untuk membuat badan pesawat.

Namun taukah Anda bahwa alumunium yang banyak dipakai sekarang ini ada dua jenis loh, yaitu alumunium murni dan alumunium paduan. Apa sih bedanya? Dan apa saja bahan tambahan yang digunakan? Di artikel kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan alumunium murni dan paduan, simak dengan baik ya!

Alumunium Murni

Alumunium murni adalah alumunium yang memiliki kandungan 99% alumunium tanpa ada tambahan bahan apapun. Namun alumunium murni ini hanya memiliki kekuatan tensil 90Mpa, dimana dengan kekuatan yang cukup rendah ini, alumunium murni memiliki karakter cukup lunak.

Kekuatan tensil alumunium murni sebesar 90% masih cukup sangat rendah jika dibandingkan alumunium paduan, karena rata-rata alumunium paduan memiliki kekuatan tensil sebesar 200 sampai 600 mpa. Karakter dari alumunium murni ini adalah lunak, tahan lama dan ringan.

Kekuatan alumunium murni yang cukup terbatas ini membuat alumunium murni banyak dipadukan dengan bahan tambahan lain untuk menambah kekuatanya.

Alumunium Paduan

Jika alumunium murni menggunakan 99% alumunium tanpa adanya tambahan bahan, maka pada alumunium paduan ini penggunaan alumunium diberi tambahan bahan untuk tujuan meningkatkan kekuatan tensil.

Beberapa paduan yang banyak digunakan sebagai paduan alumunium adalah silikon, magnesium, tembaga, seng, lithium dan mangan. Ketika alumunium dipadukan dengan jenis-jenis bahan di atas maka kekuatan tensil akan meningkat juga memengaruhi kekerasan hasil alumunium dengan begitu titik lebur alumunium paduan juga ikut menurun. Hasil seperti ini akan diperoleh jika penggunaan bahan paduan sesuai dengan konsentrasi yang telah di tentukan.

Bagaimana jika penggunaan bahan paduan lebih dari konsentrasi yang ditentukan? Penggunaan dalam konsentrasi yang lebih tinggi akan meningkatkan titik lebur sehingga memengaruhi kekuatan alumunium, yang akhirnya membuat alumunium jadi lebih mudah rapuh.

Namun kekuatan alumunuium paduan bukan hanya ditentukan berdasarkan konsentrasi bahan saja namun juga berasal dari perlakuan selama pembuatannya, seperti penempaan, penggunaan suhu dan penyimpanan.

Alumunium Berdasarkan Nomor Seri dan Penggunaannya

Berdasarkan Alumunium Association, pengkodean alumunium cor dapat diketahui sebagai berikut

  1. Seri 1xx.x, merupakan jenis alumunium murni dengan kandungan minimal 99% alumunium.
  2. Seri 2xx.x, merupakan alumunium dengan paduan tembaga
  3. Seri 3xx.x, merupakan alumunium dengan paduan mangan
  4. Seri 4xx.x, merupakan alumunium dengan paduan silikon
  5. Seri 5xx.x, merupakan alumunium dengan paduan magnesium
  6. Seri 6xx.x, merupakan alumunium dengan paduan silikon dan magnesium
  7. Seri 7xx.x, merupakan alumunium dengan paduan seng
  8. Seri 8xx.x, merupakan alumunium dengan paduan lithium.

Dalam pengkodean ini digit kedua dan ketiga dalam kode tersebut menunjukkan presentase alumunium yang digunakan, sedangkan digit terakhir setelah koma biasanya diisi menggunakan kode 0 atau 1 dimana angka ini menunjukan bahwa alumunium casting segera setelah alumunium cair atau setelah dilakukan pelelehan pada produk aslinya.

Paduan yang digunakan untuk membuat alumunium ini memberikan pengaruh yang sangat besar dengan hasil alumunium yang didapat sehingga tiap-tiap paduan alumunium ini memberikan karakter sendiri dan digunakan untuk kebutuhan yang berbeda.Alumunium dapat digunakan untuk berbagai produk untuk kehidupan karena sifatnya yang unggul. Jika Anda berminat untuk membuat produk dari casting alumunium, bisa langsung menghubungi Alumunium Kreasi Teknik.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat via WhatsApp